BEI dan OJK Kenalkan Dua Game Investasi Pasar Modal

By Admin


nusakini.com - PT Bursa Efek Indonesia bersama Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Kliring Penjaminan Efek Indonesia (KPEI) dan Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI) memperkenalkan online game 'Nabung Saham Go' dan simulasi game 'Stocklab'.

Permainan 'Nabung Saham Go' merupakan perwujudan dari PT Winratama Perkasa melalui WinGamers. Sedangkan permainan analog 'Stocklab' dirancang games master, Ryan Filbert.

Menurut Direktur Pengembangan BEI Nicky Hogan, dua jenis permainan ini bila dikaitkan dengan investasi, maka dapat diartikan investasi bukan merupakan suatu hal yang rumit. Pasalnya, dengan permainan ini semua kalangan bisa bermain sambil berinvestasi.

Rencananya, kata Nicky, kedua jenis permainan ini akan resmi diluncurkan pada Sabtu 27 Agustus 2016 bertepatan dengan perayaan HUT Pasar Modal Indonesia ke-39.

"Bicara investasi, aktivitas investasi kalau sampai investasi bisa dibuat game simulasi ini artinya investasi bukan sesuatu yang complicated. Game baik kartun atau aplikasi smartphone hari ini ini kita akan belajar," ucapnya di Gedung BEI, Jakarta, Selasa (23/8/2016).

Pihaknya berharap permainan ini bisa membuat masyarakat Indonesia semakin banyak yang mengenal investasi dan memahami betapa pentingnya investasi di pasar modal.

"Harapan kami, OJK SRO, game ini bisa jadi awalan mengenal investasi. Bukan itu saja tapi yang lebih penting permainan hidupnya bukan permainan investasinya. Artinya harus jadi investor selain baik game kartu atau online," katanya.

Pada kesempatan yang sama, Direktur Pengaturan Pasar Modal Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Gontor R Aziz menyebutkan keberadaan dua permainan ini menyokong 39 tahun berdirinya pasar modal Indonesia.

"Pertama kalinya 39 tahun kita akan miliki langsung dua game investasi pasar modal di Indonesia. Lebih luar biasa lagi, yang ada di main hall di sini adalah orang generasi pertama yang bisa memainkan dua game investasi pasar modal ini," ujarnya.(p/mk)